<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Gathering DPC HPI Nasional pertama 5-8 Oktober 2018 di kota Jogja

Sambutan dan Pembekalan oleh Kabid Hukum dan Etika DPP HPI : Dr. Ainudin.SH.MH dalam memberikan pencerahan pentingnya diajukan dan dibuatkan UU PRAMUWISATA oleh Pemerintah kepada Dewan Perwakilan Rakyat untuk perlindungan dan hak-hak kerja para Pemandu wisata di Indonesia

Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia ( DPC HPI ) kota Yogyakarta menyelenggarakan GATHERING DPC HPI NASIONAL pada tanggal 5-8 Oktober 2018 yang pertama dalam sejarah HPI sejak didirikan dari tahun 1988 dalam Munas Pertama di Kota Palembang. Kegiatan diikuti oleh 98 peserta yaitu dihadiri 64 DPC Kota dan Kabupaten, 6 Dinas Pariwisata, serta perwakilan dari DPD dan DPP di seluruh Indonesia yang hadir. Lebih istimewa lagi karena bersamaan dengan Gathering DPC Nasional juga ada Kegiatan RAKERNAS HPI yang ke - 12 pada tanggal 6-9 Oktober yang di selenggarakan oleh DPD HPY DIY di Hotel Quality Yogyakarta.

Didalam kegiatan Gathering DPC Nasional ini peserta mendaftar untuk mengikuti kegiatan Seminar Nasional Kampung Wisata 6 Oktober 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Selanjutnya diadakan acara Temu Wicara delegasi DPC se-Indonesia bersama DPP dan DPD HPI. Hari kedua Post Tour Kampung Wisata yang mempunyai nilai akreditasi kampung wisata mandiri dan berprestasi yaitu Kampung Rejowinangun, kemudian diakhiri puncak acara rangkaian kegiatan  yaitu mengikuti pawai dibarisan paling depan menuju podium Wayang Jogja Night Carnival bersama dengan delegasi peserta RAKERNAS HPI dari DPD dan Pengurus DPP pusat se- Indonesia dalam rangka memeriahkan pentas seni dan budaya memperingati hari jadi ulang tahun kota Yogyakarta ke-256 tahun 2018. Peserta Pawai Karnaval dari HPI se- Indonesia berjumlah total 450 orang dari perwakilan DPC dan DPD dan jajaran Pengurus DPP dengan mengenakan pakaian daerah masing-masing.

Sebagai konseptor dan inisiator awal dan penanggungjawab pelaksanaan bersama para rekan inisiator lainnya dari ketua DPC-DPC yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu dalam mendukung ide lahirnya kegiatan ini, kami mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya karena kegiatan ini bisa terlaksana berkat dukungan dan pembinaan yang selalu diberikan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Mendapatkan dukungan dan persetujuan Ketua Umum HPI beserta Ketua DPD HPI DIY dan partisipasi dari para ketua DPC se - Indonesia, Pengurus dan Anggota HPI dari seluruh Indonesia.

Ide, gagasan dan konsep konstruktif untuk mengembangkan, membangun kebesaran dan kemajuan HPI yang dimulai dari partisipasi aktif di DPC Kota/Kabupaten untuk bersinergi kuat dengan DPD dan DPP diharapkan akan membawa HPI menjadi lebih maju dan harmonis dalam menjalin sinergi dengan para stake holder pariwisata dan mendapatkan perhatian lebih serta pola kerjasama antara  Pemerintah dan Dinas Pariwisata Kabupaten dan kota bersama HPI. Menjadikan HPI sebagai rumah besar Pramuwisata di seluruh Indonesia yang diakui dan dibina Pemerintah serta eksis di masyarakat luas sebagai ujung tombak didalam pengembangan Pariwisata.

Semoga kenangan kebersamaan dan ilmu yang diperoleh menjadikan sebagai Jogja Ngangeni

* Info untuk event Gathering DPC HPI Nasional kedua akan di selenggarakan di Labuhan Bajo, Kab Manggarai Barat oleh DPC HPI Manggarai barat di bulan Oktober 2020. Dan dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Kegiatan RAKERNAS HPI 2020 di Labuhanbajo yang akan diseleggarakan oleh DPD HPI Nusa Tenggara Timur.

Salam Pariwisata...HPI Jaya

Reporter - Ketua DPC HPI Kota Yogyakarta / Kabid Minat Khusus DPP HPI

Adi Susanto

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved