<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Post Tour Kampung Wisata DPC HPI se-Indonesia di Kampung Wisata Rejowinangun, Yogyakarta

Peserta Post Tour dan Study Akreditasi Kampung Wisata yang diselenggarakan oleh DPC HPI Kota Yogyakarta diikuti delegasi DPC HPI dari seluruh Indonesia di Kampung Wisata Rejowinangun Yogyakarta , tanggal 7 Oktober 2018.

7 Oktober 2018

Post Tour yang diadakan di Kampung Wisata Rejowinangan ini adalah dalam rangka survey dan study para Peserta selama kegiatan Gathering DPC HPI se-Indonesia setelah mengikuti Seminar Kampung Wisata pada tanggal 6 Oktober 2018 di Hotel H-Boutique yang diseleggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bersama DPC HPI Kota Yogyakarta.

Peserta belajar dan meninjau bagaimana sebuah Kampung Wisata yang dikelola oleh masyarakat lokal bisa menjadi sebuah kampung prestasi dan mempunyai produk unggulan untuk dijadikan sebagai sebuah destinasi alternatif di kota Yogyakarta yang mempunyai Tim Kesenian, Agrowisata, Restaurant Kampung, Produk jamu dan Kuliner yang semuanya dilakukan dan dikemas oleh masyarakat lokal. Kampung Rejowinangun adalah salah satu kampung berprestasi dari 17 Kampung Wisata di kota Yogyakarta yang pernah menjadi juara tiga lomba Kampung dan Desa Wisata se Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagaimana menata kampung dan mendapatkan akreditasi kampung wisata mandiri dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Sistem akreditasi kampung wisata ini sudah dipunyai oleh Pemkot Yogyakarta dan disamping itu juga sudah ada PERWAL ( Peraturan Walikota) yang mengatur tentang aturan-aturan dan tata kelola sebuah Kampung Wisata.

Pembinaan yang dilakukan adalah dengan melatih adanya Pemandu Wisata Khusus Kampung yang siap melayani. Tak kalah menariknya adalah kreasi warga kampung dalam menciptakan grup tarian yang sudah dikenal berasal dari Kampung Rejowinangun yaitu tarian Edan-Edanan yang energik dan ceria dilengkapi dengan pakaian yang unik dan berwarna warni semakin menunjukkan keramahan dalam menyambut setiap tamu yang berkunjung di kampung ini.

Didalam kegiatan ini grup rombongan peserta ada dua bis yang di pandu oleh tiga orang Panitia yaitu Danar Krissetiyanto yang menjabat juga sebagai Wakil Ketua, Surahman yang menjabat sebagai Kasie Organisasi dan Ismunandar yang menjabat sebagai Humas DPC HPI Kota Yogyakarta. Tak lupa ucapan terimakasih kepada tim Penari Edan-Edanan , Panitia Kampung dari Kampung wisata dan bantuan dari Bapak Untung selaku Pengelola Kampung Wisata Rejowinangun serta dari Tim Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Semoga kenangan dari Post Tour Kampung Wisata ini akan menjadikan sebagai

" Jogja Ngangeni"

Reporter oleh: Ismunandar

Humas DPC HPI Kota Yogyakarta

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved