<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Agus Budiyanto Pengajar Seni Kerajinan Perak HPI Yogyakarta

Agus Budiyanto sedang mengajarkan cara membuat kerajinan perak ( silver handicraft) kepada para tamu wisatawan mancanegara di studio 76 miliknya.

29 Juli 2019

Profil Agus Budiyanto yang lebih sering disapa dengan julukan Romeography adalah anggota DPC HPI Kota Yogyakarta dan juga menjadi  Pengurus di DPD HPI Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2016 - 2021 sebagai Kordinator Divisi Bahasa Perancis ini mempunyai latar belakang pendidikan di ISI ( Institute Seni Indonesia ) dan Akademi Bahasa Asing jurusan Bahasa Perancis. Profesi utama yang digelutinya adalah sebagai Pemandu Wisata / Pramuwisata di HPI berbahasa Perancis dan selain itu mempunyai kelebihan sebagai Pengajar Kerajinan Perak di Studio 76 miliknya kepada para wisatawan mancanegara yang beralamat di Jl.Purbayan 3B Kotagede Yogyakarta. Pengajar yang mempunyai filosofi mengajar kerajinan perak dalam rangka mengenalkan tradisi membuat kerajinan perak di kotagede sehingga turis bukan hanya membeli tapi juga tau bagaimana cara membuat dan bahkan mempraktekan. Dengan begitu sebenarnya mereka malah lebih apresiatif terhadap kerajinan perak dan kalau membeli tidak menawar lagi.

Sedangkan hobi lainnya yang membuatnya lebih dikenal adalah sebagai Fotografer yang banyak menciptakan karya di fotografi landscape dan modeling. Disamping itu telah membuat buku tentang Teknik Membuat Perhiasan Perak.

Banyak memberikan inspirasi kepada generasi muda dan para Pemandu Wisata di Yogyakarta bagaimana seorang Agus Budiyanto bisa mengembangkan diri menekuni bidang lain yang dapat memberikan nilai tambah sebagai Pemandu wisata dan bermanfaat bagi kemajuan Pariwisata. Kerajinan perak adalah kerajinan yang sangat tua digeluti dan menjadi salah satu ikon wisata baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kotagede. Karya foto , Kreativitas dan Skill Kerajinan Perak ( silver handicraft ) dan sebagai Pelaku Jasa Pemandu Wisata membuat Agus begitu dikenal diluar negeri dan bahkan Studio 76 miliknya sudah masuk dalam buku guide book " Lonely Planet dan Trip Advisor " yang selalu menjadi rujukan buku panduan wisatawan ke Indonesia.

Mudah-mudahan semangat dan karya serta prestasi yang ditorehkan bisa selalu memberi inspirasi bagi Pemandu Wisata untuk terus menempa diri dan menambah pengetahuan untuk menjadi ahli dan spesialis dibidangnya masing-masing serta dalam mempersiapkan diri dimasa depan.

Kontributor:

DPC HPI Kota Yogyakarta

 

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved