<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pemandu Wisata dan Homestay

Pandemi yang terjadi saat ini banyak merubah segalanya dan berdampak diberbagai sektor, salah satunya adalah Pariwisata. Walaupun terpuruk namun tetap harus bangkit dan menyiapkan segala sesuatu untuk adaptasi kebiasaan baru.

Dalam menyikapi hal ini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya dan Kelembagaan, Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata, telah melakukan langkah-langkah baik itu promosi Pariwisata, Peningkatan SDM Pariwisata serta sosialisasi kepada Pelaku Pariwisata dalam bentuk Online Pelatihan seperti Webinar atau Zoom Meeting maupun Offline Pelatihan.

Salah satu Offline Pelatihan yang telah dilakukan dimasa Pandemi ini yaitu Pelatihan PENINGKATAN KOMPETENSI PEMANDU WISATA, HOMESTAY, DESA WISATA DAN KAMPUNG WISATA, yang telah dilaksanakan pada tanggal 27-29 Juli 2020 bertempat  di Hotel Grand Mercure , Jln. Laksda Adisucipto No 80 Yogyakarta 55281 dan diikuti sebanyak 50 (Lima Puluh) Peserta dari Pemandu Wisata (HPI DIY), Pengurus Homestay, Desa Wisata dan Kampung Wisata yang ada di DIY.

Narasumber/Pemateri dalam Pelatihan ini adalah Bp. Imam Widodo Ketua DPD HPI DIY yang menyampaikan MAteri tentang Pemanduan di  Era New Normal. Nara Sumber selanjutnya adalah Ibu Lia Afriza yang merupakan Dosen STIE Pariwisata Yapari Bandung dan Bpk. Christian Helmy Rumayar yang juga merupakan Dosen STP Bandung. Kedua Nara Sumber tersebut menyampaikan Materi tentang CHSE (Clean< Healthy< Safety and Enviromental), CHS Sadar Wisata dan Pelayanan Prima, Komunikasi dan Pelayanan Prima serta Exploring.

Perwakilan Dpc HPI Kota Yogyakarta Danar dan Isa

 

Pelatihan ini banyak memberikan kontribusi kepada Para Peserta di saat kondisi seperti ini. Pemandu Wisata, Homestay , Desa Wisataa dan Kampung Wisata di harapkan dapat berkolaborasi saling support satu sama lain di Era Adaptasi Kebiasaan Baru ini. Bagaimana implementasi nanti dilapangan diharapkan dapat disosialisasikan SOP Protokol Kesehatan ini kepada wisatawan dan juga Pelaku Wisata.  Selain itu Pelatihan ini dapat memunculkan ide dan kreatifitas yang bias dilakukan dan diterapkan untuk masa mendatang. Agar Pariwisata dapat bangkit kembali .

Pelatihan ini ditutup dengan Presentasi dan Simulasi yang dilakukan oleh Para Peserta yang telah terbagi dalam 6 (enam) Kelompok. Peserta Pelatihan mendapatkan pengalaman baru di Era Adaptasi Kebiasaan Baru sesuai Protokol Kesehatan Covid 19, seperti peserta diwajibkan untuk mengikuti Rapid Test, dam ketika dinyatakan Negatif baru dapat menikuti Pelatihan. Pada saat berada di Hotel ketika akan masuk selain harus cek suhu,  mencuci tangan dengan sabun, tamu yang akan masuk hotel juga diminta untuk mengakses barcode dan diwajibkan menuliskan nama< alamat juga keperluan/kegiatan apa yang dilakukan di hotel. Ruangan yang digunakan juga harus dilakukan penyemprotan dengan tatanan kursi yang diatur sesuai Standard Protokol Kesehatan, tentunya wajib bermasker.Pada saat di Restaurant ketika Makan, sudah tidak ada jamuan Buffet namun Pelayanan yang diberikan ada banyak Stall-Stall di Restaurant dan Petugas yang akan mengambilkan sesuai Menu yang kita pilih, tentunya tetap jaga jarak dan bermasker.

Diawal memang agak membuat kita heran tetapi ini hal yang harus diterapkan demi kemajuan bersama. Hal-hal baru dalam kesiapan pariwisata di Era Adaptasi Kebiasaan baru ini yang harus disosialisakan kepada Pelaku Wisata dan Wisatawan.

Harapan dari Pelatihan ini tentunya akan banyak memberikan dampak positif bagi kita semua untuk lebih siap menghadapi Adaptasi Kebiasaan Normal di Era pandemic ini. Kolaborasi dan sinergi  positif Antara Pemandu< Homestay< Desa Wisata dan Kampung Wisata.
 

Diakhir laporan kegiatan ini Penulis mengucapkan terima kasih kepada Pengurus HPI DPC Kota Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti Pelatihan ini. Maj uterus untuk Pariwisata Indonesia, Pariwisata DIY dan HPI DIY.

HPI JAYA…

 

Penulis Laporan Kegiatan

Dian Eka

  • Anggota HPI DIY, DPC Kota Yogyakarta
  • Trainer
  • MC

 

- Menginformasikan dan mempraktekkan SOP protokol new normal kepada tamu seperti :

  • Cek suhu sebelum masuk kendaraan
  • Disemprotkan hand sanitizer
  • Mengecek pemakaian masker
  • Mengatur tempat duduk sesuai prtokol kesehatan
  • Tamu tidak boleh berpindah-pindah  tempat duduk di dalam kendaraan
  • Membagikan hygiene travelling kit mengingat untuk masa2 ini akan lebih safe jika menggunakan tempat minum yang dipakai sendiri-sendiri.
  • Menjelaskan tentang safety tools yang ada di dalam bus.

* PENJELASAN DI DALAM BUS

  • Memperkenalkan tour guide dan cfew
  • Menginformasikan adanya fasilitas air minum di dalam bus dan tamu mengambil sendiri.
  • Menginformasikan program tour dan tatacara kunjungan sesuai  dengan SOP protokol kesehatan
  • Menginformasikan nama hotel, lokasi, dan fasititas yang ada di hotel dan keunggulannya  (hanya bbrp menit dr pusat kota, dll)

*TRANSFER IN (CHECK IN) HOTEL

  • Menginformasikan dan memandu tamu untuk mencuci tangan sebelum masuk hotel dan memimpin tamu untuk menuju ke petgas hotel untuk dicek suhu.
  • Bagasi tamu diturunkan oleh co driver dan diletakkan di tempat tertentu untuk disemprot dengan desinfektan oleh petugas hotel dan selanjutnya dibawa kembali oleh tamu menuju kamar masinmg-masing setelah menerima kunci kamar.
  • Tamu dipersilakan menuju ruang tunggu dan menunggu proses pengambilan kunci.

*PELAKSANAAN TOUR

Tour ke Katon Yogyakarta

  • Diinformasikan kepada tamu bahwa setiap 10 orang tamu akan didampingi 1 orang tour guide lokal
  • Memastikan tamu menggunakan masker, menuci tangan dengan sabun sebelum masuk kraton, selalu menjaga jarak selama kunjungan di kraton
  • Di masa pandemi ini, alur kunjungan di kraton menggunakan alur searah, antara pintu masuk dan keluar.

* PELAYANAN DI RESTORAN

  • Masuk ke restodengan SOP protokol kesehatan
  • Duduk berjarak di tempat yang sudah disediakan
  • Tidak disiapkan penyajian dalam bentuk buffet tetapi makanan diambilkan oleh waiter dn disajikan ke meja tamu atau tamu membawa piring masing masing selanjutya menunjuk makanan yang diinginkan untuk diambilkan oleh petugas.

*TRANSFER OUT

  • Check out dari hotel dilakukan hampir sama dengan pada proses transfer in.

 

Materi Pelatihan Bisa diunduh DISINI

 

 

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved