<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Google Photos dan Fungsinya Bagian Pertama

Google Photos, salah satu produk Dari Google yang mempunyai banyak fitur tersembunyi

Buat sebagian orang mungkin sudah familiar dengan salah satu produk dari Google yang satu ini. Tapi buat sebagian besar orang belum tahu banyak fungsi fungsi yang tersembunyi dibalik Google Photos. Berikut saya akan mengulas beberapa fungsi dari Google Photos yang mungkin bisa berguna untuk menunjang pekerjaan kita sebagai Pramuwisata

A. Menghemat ruang penyimpanan di Gawai kita.

Kita mungkin sering mengeluh kehabisan ruang internal di gawai kita, banyak terjadi ketika kita hendak mengupdate atau menginstall aplikasi dan ada pemberitahuan kalau ruangan internal kita hampir habis. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak Foto yang tersimpan di gawai kita, dengan Google Photos, kita bisa menyimpan semua Foto kita Online, selain bisa menghemat ruang internal di gawai kita, kita juga bisa mengakses foto tersebut dari mana saja, Ini  berfungsi juga jika sesuatu yang buruk terjadi di Gawai kita semisal hilang atau rusak, kita tidak akan kehilangan semua memori dari foto yang pernah kita ambil.

Langsung saja ke cara penyimpanannya,

1.Pertama kita buka Aplikas Google Photos di gawai kita.

2.Arahkan ke pojok kiri atas, Pilih Free up Space atau kosongkan ruang penyimpanan

3.Pilih backup and sync atau cadangkan

4.Pilih hiqh Quality image size, karena teman teman akan bisa upload gambar sebanyak banyaknya

5. Setelahmya sambungkan ke jaringan Wi-Fi dan biarkan jaringan meng upload semua gambar di gawai teman teman, ini mungkin akan memakan waktu sedikit lama, tergantung seberapa besar ukuran gambar di gawai anda.

6. Langkah terakhir setelah menunggu beberapa lama, kembali ulang langkah 1 dan 2 lalu pilih kosongka ruang penyimpanan.Google photos akan menghapus semua foto di Internal memory gawai anda yang sudah di cadangkan Online di Google Photos

Sekarang anda sudah berhasil mencadangkan foto ke dalam media online, dan teman teman bisa membuka foto di laptop atau gawai Lainnya. Tinggal install Google Photos dan login ke email masing masing.

B.Mencari Nama, Lokasi atau cerita tentang sebuah gambar

Dalam memandu wisata kita sering dihadapkan dengan pertanyaan wisatawan tentang nama tumbuhan atau nama bunga, atau mungkin wisatawan sering menunjukkan gambar dan bertanya kepada kita tentang lokasi sebuah tempat. 

Salah satu fitur yang dimiliki google photos adalah google lens. Cara penggunaan 

1.Cukup ambil Foto salah satu objek, atau meminta tamu  untuk mengirimkan foto objek tersebut dan kemudian kita buka aplikasi Google photos.

2.Pilih album di menu bawah, dan pilih foto yang mau diambil keterangannya

3.Pilih opsi google Lens di menu bawah, dan tadaaa, informasi lengkap tentang foto tersebut akan ditampilkan oleh google.

Fungsi ini sangat berguna bagi teman teman yang sering bawa wisatawan dan mempuyai ketertarikan tentang sesuatu benda atau tanaman baru.

C.Membagikan Foto dalam jumlah banyak dan Dalam ukuran yang asli

Dalam sebuah kegiatan wisata atau kegiatan lainnya seringkali kita mengambil banyak gambar dan ingin berbagi ke wisatawan atau teman lain atau sebaliknya, berbagi dengan platform whatsapp akan mengkompress kualitas gambar menjadi lebih kecil bahkan sangat kecil yang berakibat kualitas gambar tidak terlalu bagus kalau kita perbesar,oleh sebab itu berbagi menggunakan google photos bisa menjadi alternati lainnya.

Kelebihan berbagi menggunakan google photos

- Ukuran gambar asli dan tidak di kompress

- Lebih mudah untuk dibagikan kembali karena sudah berbentuk tautan

- Penerima tautan bisa memilih sendiri gambar mana yang akan diunduh dan gambar mana yang tidak.

Kekurangan

-Memakan kuota internet kita , dianjurkan berbagi gambar sewaktu kita sudah terhubung dengan jaringan wifi

Langsung saja kita menuju ke caranya :

1. Buka aplikasi Google Photos

2.Pilih Photos atau Album

3.Buka album yang mau di bagikan

4 Pilih Foto mana saja yang mau dibagikan dengan menekan lama salah satu foto, dilanjut dengan pilih beberapa foto lain setelah muncul tanda pilih.

5. Setelah selesai memilih foto foto mana yang mau dibagikan, klik lambang bagikan di atas, trus pilih buat tautan atau create link.

6.Link berhasil di salin, dan bisa langsung dibagikan dengan memilih aplikasi mana untuk membagikan tautan tersebut.

 

Diatas adalah beberapa fungsi tersembunyi di Google Photos yang mungkin teman teman belum tahu dan mungkin berguna bagi pekerjaan kita sebagai pemandu wisata. Masih banyak fungsi dari Google Photos dan akan penulis sambung lagi di kesempatan lainnya.

Silahkan memberikan komentar jika kalian tertarik untuk belajar memaksimalkan fungsi gawai untuk menunjang keterampilan kita sebagai pemandu wisata.

Salam

Muhammad Isa Ukhuwah A - Sie IT DPC HPI Kota Yogyakarta

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved