<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Sasana Budaya Jawa HPI  fieldtrip ke Pajang

Anggota HPI yang mengikuti fieldtrip Sasana Budaya Jawa di Pajang, Solo.

Fieldtrip Komunitas Sasana Budaya Jawa ( SBJ) di daerah Solo raya. Forum SBJ adalah komunitas yang dilahirkan dan dicetuskan oleh Pengurus dan Para Pengampu Budaya di HPI Kota Yogyakarta. Para punggawa tersebut yg pertama adalah Bapak Didi C Widiatmoko, beliau adalah pengajar dan narasumber kepemanduan budaya di Jogja Tourism Training Centre (JTTC) dan salah satu tokoh senior yang menginisiasi berdirinya forum SBJ sebagai penasehat. Yang kedua adalah Bapak Ridwan Antariksa adalah juga salah satu Inisiator serta Pengampu kegiatan budaya dan sejarah dan kordinator kegiatan di SBJ baik di Sewandanan maupun diluar kota Yogyakarta. Yang ketiga adalah Bapak Danar Krisetiyanto, aktif sebagai pengurus wakil ketua DPC HPI kota Yogyakarta dan ahli kepemanduan budaya dan kampung wisata di Kota Yogyakarta. Di dalam melakukan tugasnya sebagai pengurus DPC HPI Kota Yogyakarta, Pak Danar diberi wewenang untuk mengkordinir semua kegiatan budaya, sejarah serta kampung wisata di internal organisasi bersama anggota dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Yang keempat adalah Bapak Ismunandar yang juga pengurus sebagai Humas di DPC HPI Kota Yogyakarta. Pak Ismu begitu sapaan akrab beliau adalah pemerhati kegiatan budaya dan aktif di kepengurusan HPI. Dilahirkan dan berdomisili di Kotagede yang dikenal sebagai ibukota Mataram lama membuatnya akrab dengan dunia budaya Jawa.

Kegiatan forum SBJ Kali ini diadakan pada tanggal 30 April 2019, peserta berkumpul di kompleks XT Square Yogyakarta.  Peserta diikuti oleh 25 orang. Tema kegiatan SBJ adalah bertajuk melacak wahyu mataram islam yang mengupas dan belajar bersama para pramuwisata tentang sejarah di beberapa destinasi yang dikunjungi yaitu.

1. Mangkunegaran Solo dipandu oleh guide lokal.

2. Situs Perjanjian Giyanti 1755

3. Situs kesultanan Pajang

4. Situs Kraton Kartasura

5. Watu Kandang. Situs megalithikum Matesih.

Mudah- mudahan kegiatan seperti ini akan terus dilestarikan untuk menambah wawasan keilmuan tentang budaya Pramuwisata. Menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi anggota HPI lainnya untuk terus belajar dan mengembangkan skill - knowledege - 89 sebai syarat menjadi Pramuwisata yang kompeten. 

Humas DPC HPI Kota Jogja

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved