<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Joko Susilo Seniman HPI Yogyakarta

Joko Susilo Ngagem busana Patih Tambak Baya. Lelakon Lampahanipun " Sigit Umbaran Ngluru Bapa ". lha menika inggih mujudaken babad Mataram. Rikala putranipun Rara Lembayung Ing Giring madosi ramanipun, ingkang ngukir jiwa raganipun. mboten sanes inggih Panembahan Senopati. Nalika taksih timur dipun dhaupaken kaliyan Rara Lembayung rayinipun Ki Ageng Wanantara utawi Ki Ageng Giring. wonten sesambetanipun rikala pados wahyu kraton.

29 Juli 2019

Profile Bapak Joko Susilo anggota  DPC HPI Kota Yogyakarta  adalah seorang Seniman yang mempunyai latar belakang pendidikan di SMKI KONRI ( Sekolah Menengah Karawitan Indonesia ) di Yogyakarta. Selain sebagai Pemandu Wisata HPI yang berbahasa Belanda, beliau juga adalah masuk di kepengurusan DPD HPI Daerah Istimewa Yogyakarta di Divisi Kesenian. Pernah bergabung dengan teater Jeprik yang disutradarai oleh Almarhum Noor WA. Menggemari alat musik kencrung (ukulele) dan Bermain Gitar adalah hobinya sehari - hari bersama komunitas para Seniman. Selain itu aktif melestarikan dan memainkan lakon-lakon dalam ketoprak maupun pentas kesenian. Kemampuan yang lain adalah melantunkan tembang bahasa Jawa yaitu mocopatan.

Bersama Forum Sasana Budaya Jawa yang lahir dari Komunitas di DPC HPI Kota Yogyakarta, beliau aktif menembangkan seni dan budaya sebagai bahan guiding untuk menambah wawasan dan kesan serta pengalaman kepada para wisatawan yang dipandunya. Tentu hal ini akan mempunyai nilai lebih sebagi seorang Pemandu Wisata yang berlisensi. Sehingga ada nilai positif bagi yang ingin bergabung dan belajar melestarikan budaya Jawa Mocopatan dan Kesenian sendra tari dan Ketoprak bisa bergabung dan Pak Joko sangat welcome mengajak siapa saja yang mau belajar tentang kesenian Jawa khususnya Mocopatan dan Lagu Keroncong Jawa.

Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi Pemandu Wisata lainnya untuk selalu menggali potensi dan hobi yang dimiliki demi kemajuan Sumber Daya Manusia di HPI khususnya dibidang Seni dan Budaya.

Kontributor:

Andi - Ketua DPC HPI Kota Yogyakarta / DPP HPI Kabid Minat Khusus

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved