<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Tugas Pokok dan Fungsi Tim Pengurus DPC HPI Kota Yogyakarta

Foto tim Pengurus DPC HPI Kota Yogyakarta periode 2016 - 2021. Dari kiri Muhamad Isa Ukhuwah Islami ( Isa), Aldino, Syahrul Rhomadona( Sya), Dwi Surahmi ( Rahmi), Maria Adelia Intan ( Intan), Wahyu Siti, Aisyah Maulidina ( Dina), Ismunandar ( Ismu), Adi Susanto (Andi Vulkano), Surahman, Danar Krissetiyanto(Danar).

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata (DPC HPI) Kota Yogyakarta.

Struktur Kepengurusan 2016-2021.

 

PENASEHAT / PENGAWAS:  Memberikan nasehat dan saran kepada pengurus aktif.

KETUA: Sebagai Penanggung jawab umum dan eksekutor di DPC HPI Kota Yogyakarta. Mengurusi kegiatan dan lobi-lobi kegiatan dan kerjasama lembaga dengan pemerintah, stake holder dan mitra kerja di bidang eksternal. Melaporkan kondisi dan informasi program kegiatan kepada Ketua DPD HPI Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dan Surat Penugasan ditingkat kewenangan DPC kepada pengurus apabila ditugaskan. Mempunyai hak prerogatif untuk mengangkat dan mengevaluasi kerja pengurus dan melakukan pergantian apabila diperlukan dengan sepengetahuan tim pengurus dalam rapat pengurus.

WAKIL KETUA: Menggantikan Ketua apabila berhalangan. Bertugas dalam mengkordinasi kegiatan-kegiatan internal organisasi dan anggota. Fokus mengurusi dan mengembangkan peningkatan SDM anggota di bidang Budaya dan Sejarah bersama anggota. Melaporkan hasilnya kepada Ketua.

SEKRETARIS I : Bertanggung jawab sebagai sekretaris utama Ketua dan kegiatan yang berhubungan dengan eksternal organisasi. Mengurusi surat-surat masuk dan keluar kegiatan dan laporan kegiatan DPC HPI seperti Musyawarah Cabang dan Rapat Kerja Cabang, kearsipan dan kesekretariatan serta kerjasama dengan pemerintah, stake holder dan mitra kerja di bidang eksternal. Memberikan mandat kepada Sekretaris II apabila berhalangan. Membuat undangan dan membuka acara  rapat pengurus, membuat outline rapat dan membuat notulen untuk diarsipkan. Melakukan moderasi rapat sesuai outline dan selesai tepat waktu. Melaporkan hasilnya kepada Ketua.

SEKRETARIS II: Menggantikan Sekretaris I apabila berhalangan. Mengurusi surat-surat masuk dan keluar kegiatan dan laporan kegiatan internal organisasi. seperti Kegiatan-kegiatan internal peningkatan SDM dan melaporkan kepada Sekretaris I.

BENDAHARA I: Bendahara utama DPC HPI Kota Yogyakarta. Bertanggungjawab kepada Ketua. Melaporkan kondisi keuangan per tiga bulan kepada Ketua untuk diinfokan kepada tim pengurus. Melaporkan kondisi keuangan kepada anggota dalam Rapat Kerja Cabang dan dalam Musyawarah Cabang.  Melaporkan hasilnya kepada Ketua.

BENDAHARA II: Menggantikan bendahara I apabila berhalangan. Bertanggungjawab sebagai bendahara didalam setiap kegiatan internal organisasi seperti workshop, pelatihan dan forum dengan anggota maupun bekerjasama dengan pihak luar. Melaporkan kepada bendahara I.

SIE ORGANISASI: Bertanggung jawab dalam mengkordinasi kedisiplinan anggota dalam membayar iuran, lisensi Pramuwisata dan Sertifikasi anggota. Merekomendasikan kepada Ketua apabila menemukan pelanggaran anggota. Bersama ketua akan meneruskan ke dewan kode etik. Berkordinasi dengan KABIRO ORGANISASI DPD HPI Daerah Istimewa Yogyakarta. Melaporkan hasilnya kepada Ketua.

KESRA: Bertanggungjawab mengkordinasikan kegiatan sosial dan program pelatihan untuk peningkatan kualitas kesejahteraan anggota. Melaporkan hasilnya kepada Ketua.

SIE HUMAS: Bertanggungjawab untuk melaporkan dan menginfokan semua kegiatan dan ide-ide organisasi kepada ketua sebelum diposting dan diumumkan kepada anggota dan umum. Baik berupa pamflet, info grup whatshap, dan akun media sosial DPC HPI Kota Yogyakarta. Menyimpan dokumentasi kegiatan organisasi. Bekerjasama dengan SIE IT untuk pelaporan dan pengisian konten untuk media kehumasan dan publikasi di media daring website DPC HPI Kota Yogyakarta, www.dpchpi-kotajogja.org. Melaporkan hasilnya kepada Ketua.

SIE INFORMASI TEKNOLOGI (IT): Bertanggung jawab mengurusi Website media DPC HPI Kota Yogyakarta. Mengadakan pelatihan-pelatihan IT kepada pengurus dan anggota untuk peningkatan SDM. Membuat logo, pamflet, serta semua akun media sosial apabila diperlukan oleh HUMAS. Melaporkan hasilnya kepada Ketua.

SIE DIKLAT: Bertanggung jawab melaksanakan kegiatan-kegiatan pelatihan dan pembekalan untuk peningkatan SDM pengurus dan Anggota. Bekerjasama dengan KABIRO DIKLAT DPD HPI Daerah Istimewa Yogyakarta untuk setiap kegiatan DIKLAT Pramuwisata yang akan diselenggarakan oleh DPC HPI Kota Yogyakarta. Melaksanakan program Sekolah Pengurus sebagai program pengkaderan untuk kaderasi kepengurusan. Melaporkan hasilnya kepada Ketua.

 

PERATURAN DAN KESEPAKATAN PENGURUS DPC HPI Kota Yogyakarta.

1. Memakai baju seragam pengurus DPC HPI Kota Yogyakarta warna biru yang bertuliskan Himpunan Pramuwisata Indonesia  dan Website dpchpi-kotajogja.org serta mengenakan Kartu Tanda Anggota Nasional (KTAN) ketika dikirim oleh Ketua sebagai delegasi dan dalam setiap kegiatan baik internal maupun dengan eksternal.

2. Baju biru berlogo DPC HPI Kota Jogja yang  bertuliskan Himpunan Pramuwisata Indonesia  dan Website dpchpi-kotajogja.org adalah hanya untuk pengurus aktif didalam menjalankan tugas-tugas organisasi.

3. Datang tepat waktu (on time) ketika ditugaskan oleh ketua sebagai delegasi dan ketika diundang rapat. Dan melaporkan kepada Ketua atau sekretaris apabila berhalangan hadir atau mengalami keterlambatan.

4. Melakukan pekerjaan dan fokus sesuai dengan tugas (Job Description) dan sanggup bekerjasama sebagai tim.

5. Selalu melaporkan dan berkordinasi dengan Ketua apabila sedang bertugas dan atau sedang melaksanakan kegiatan sebagai Kordinator atau ketua panitia.

6. Menjaga nama baik pengurus dan organisasi HPI.

7. Pengurus yang sudah diganti (resuffle) oleh ketua dan tidak aktif maka tidak diperkenankan memakai baju seragam pengurus lagi baik untuk guiding maupun kegiatan.

 

Tertanda

Ketua DPC HPI Kota Yogyakarta

Adi susanto

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved