<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



ZOOM - Physical Distancing bukan Social Distancing

panggilan video menggunakan ZOOM

Manusia sebagai makhluk sosial pada hakikatnya membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Bertemu teman atau kolega adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Dalam situasi seperti sekarang ini, ketika bertemu dengan orang lain harus dibatasi. Sewandanan, mbakmi bersama atau touring jaguar merupakan kegiatan yang sebaiknya kita hindari untuk sementara waktu ini.

 

Dengan kemajuan teknologi sekarang, banyak platform yang bisa menunjang kita untuk tetap terhubung dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung. Whatsapp,Line,Facebook messenger selain bisa menghubungkan kita melalui pesan singkat, juga bisa memfasilitasi kita untuk bertatap muka melalui panggilan video, akan tetapi kualitas video dan suara amat sangat tergantung dengan jaringan internet yang kita pakai, dan juga ada maksimal peserta untuk sekali panggilan Video.

 

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, ZOOM adalah salah satu platform yang terbaik untuk digunakan dalam panggilan video dalam jumlah peserta yang banyak. Di beberapa sekolah dan perguruan tinggi sudah menggunakan aplikasi ini bahkan sebelum ada masa karantina seperti sekarang ini. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kita bisa mengundang peserta bahkan dalam jumlah yang jauh lebih banyak daripada saat kita menggunakan platform  yang lain. Kualitas gambar dan suara lebih jernih kalua dibandingkan dengan panggilan video di whatsapp atau messenger. Tentu saja, kualitas gambar tergantung juga dengan seberapa bagus kamera di gawai atau Laptop masing masing. Sedangkan kekurangan dari Zoom sendiri adalah ada maksimal panggilan bersama, yaitu 40 menit saja kalau kita tidak memiliki akun yang premium ($15 Perbulan). Dan hanya bisa melihat 4 orang maksimal di satu layar jika kita melakukan panggilan melalui gawai kita, dan harus geser ke kiri untuk melihat peserta panggilan yang lain.

 

Tampilan Zoom via HP

Tampilan Zoom Via Laptop

 

 

Langsung saja kita menuju cara untuk melakukan panggilan video melalui aplikasi zoom ini. Silahkan disimak video dibawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=vUnUDzN7nSI

 

 

 

Jadi,sudah siapkah sewandanan via ZOOM? Siapkan kopi, teh dan cemilan Kembang Waru atau Kipo nya, mari bersosial.

Ditulis dalam masa  karantina hari ke 14.

Muhammad Isa Ukhuwah A - Sie IT DPC Kota Yogyakarta

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved