<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



(FGD) Analisis Length of Stay (LOS) Wisatawan Kota Yogyakarta Tahun 2021

Pada hari Selasa 19 Oktober 2021, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengadakan forum group diskusi bersama stakeholders pariwisata di Kota Yogyakarta. Acara diskusi ini diadakan di lantai 7 Ballroom Hotel H boutique jl. l. Prof. Herman Yohanes No.1, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223. Acara pembukaan diskusi ini dibuka langsung oleh Bapak Wali kota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti serta di dampingi oleh Kepala dinas Pariwisata Bapak Wahyu Hendratmoko serta Ketua komisi B DPRD Kota Yogyakarta Bapak Siswanto Dwiantoro.

Thema diskusi ini adalah Analisis Length of stay (LOS) wisatawan kota Yogyakarta tahun 2021. Dalam paparan nya, Dinas pariwisata kota Yogyakarta menyampaikan bahwa rata rata length of stay dari wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Yogyakarta berada di angka 1,38.  Dalam pantauan mereka rata rata langht of stay yang paling tinggi berada pada bulan Februari serta yang paling rendah pada bulan April 2021.

Selain paparan dari Dinas Pariwisata di atas, Wali kota Yogyakarta juga menekankan agar semua pihak bekerja sama, baik Hotel, travel agent dan BP2KY agar para wisatawan tidak hanya stay di hotel tetapi juga spanding money sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan perkembangan ekonomi di Kota Yogyakarta.

Selama jalannya diskusi, para peserta yang hadir dipersilahkan untuk bertanya atau memberikan masukan yang sesuai dengan thema yang dibahas. Sehingga pada kesempatan ini salah satu perwakilan dari HPI DPC Kota Yogyakarta meminta tindakan konkrit dari pihak yang berwenang agar para pemandu wisata bisa mengambil peran saat para wisatawan datang berlibur ke Kota Yogyakarta. Permintaan inipun diterima dengan baik oleh pihak dewan dan Dinas Pariwisata untuk segera ditindak lanjuti.

 

Nazarius Giofani Parus

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved