<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Pak Eko Kepincut dengan Monalisa, Istrinya mendukung

Pak Eko beserta istri dan anaknya menikmati romansa kota lawas

Berita HPI Jogja

Setelah melihat Monalisa  Pak Eko sangat berminat,beliau semakin mantap setelah istrinya menyatakan mendukung.Tentu saja Monalisa yang pak Eko maksud bukanlah  seorang wanita yang cantik anggun seperti yang dibayangkan orang,Monalisa di sini adalah satu program gowes di kota Yogyakarta yang diinisisasi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Menikmati Harmoni Kota Yogyakarta Dengan Lima Jalur Sepeda Wisata.Salah satu rute yang paling primadona adalah Romansa Kota Lawas.Setelah melihat di IG pak Eko langsung menghubungi kontak gowes  yaitu kak Isa Monalisa, akirnya kesepakatan terjadi  untuk mencoba rute Ramansa Kota Lawas.

Pak Eko bersama keluarga istri dan anak perempuannya dengan didampingi pemandu wisata HPI pak Ismunandar, Rabu 20 Oktober 2021 start mulai jam 06.00 dari Pitstop Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Seperti yang sudah berjalan,  kegiatan diawali briefing dan berdoa untuk kelancaran, sepeti dalam program kawasan kotabaru pertama kali diexplore .Museum Sandi, mengenal bapak sandi Indoneisa Bpk Roebiono Kertopati, beberapa ruas jalan kotabaru – Pengok – menyusuri bantaran kali gajahwong ,bertemu keramahtamahan masyarakat pinggir sungai kemudian Rejowinangun dan berakhir di kawasan Kotagede.

Pak Eko dan keluarga mendapatakan pengalaman melihat proses pembuatan jamu beras kencur di pit stop Rejowinangun, di sini selain menikmati makanan ringan arem2 dan  jamu beras kencur juga mendapatakan informsi kampung wisata Rejowinangun.

Tiba di kawasan tujuan terakhir yaitu Kotagede, selain mendapat cerita sejarah kebesaran kkerajaan Mataram cikal bakal Kraton Surakarta dan Yogyakarta , juga melihat salah satu warisn budaya kelompok Kalang yaitu rumah Kalang, bangunan dengan sentuaan arsitektur Jawa,Eropa, Arab dan juga Cina.

Sebelum santap pagi menjelang siang tamu diajak ke salah satu tempat rekreasi hasil binaan LPMK Giwangan yaitu Bendung Lepen, saluran irigasi buatan Belanda yang dimanfaatkan untuk perikanan dan spot spot swafoto.

Setelah santai sejenak dan menikmati wedang seruni sayur lodeh dan oseng mbang gedang di kawasan Between Twogate rumah milik salah satu pegiat budaya pak Joko, Pak Eko beserta keluarga mengakhiri acara dan kembali ke titik awala dengan kendaraan grab,3,5 jam perjalanan gowes Monalisa dengan rute Romansa Kota Lawas dan mendapatkan story telling dari pemandu yang mendampingi menjadi salah satu gowes dan liburan yang berbeda dari bpak Eko bersama keluarga.

Gowes tidak pernah seasyik ini.

 

Ismunandar

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved