<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Pelatihan Pemandu WIsata Budaya - Royal Darmo Malioboro Hotel

Praktek lapangan di Museum wayang Beber Sekartaji

Usai menggelar pelatihan untuk para pemandu wisata buatan pada pertengahan bulan September kemarin, tepatnya 14 – 17 Septembrer 2021 yang lalu,Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Himpunan Pramuiwisata Indonesia Kota Yogyakarta kemabli menggelar pelatihan bertema Budaya.Pelatihan ini berlangsung pada tanggal 11 -  14 Oktober 2021 bertempat di hotel Royal Darmo Malioboro.

Pelatihan ini diikuti 50 peserta pemandu wisata lokal dari Taman Sari dan Kotagede serta beberapa pemandu wisata dai kampung wisata Taunan.Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas pariwisata Bpk Wahyu Hendratmoko SE MM, dalam sambutannya belaiu menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi para pemandu wisata lokal, dengan mengangkat budaya diharapkan para pemandu wisata semakin lengkap dalam melakukan story telling dengan tamu atau wistawan, usai sambutan Bapak kepala Dinas membuka acara pelatihan yang berlangsung selama  4 hari dengan 3 hari teori dan 1 hari praktek lapangan.

Selain budaya umum yang ada di masyarakat juga mengangkat budaya dari Kraton di antaranya Labuhan, Grebeg  Sekaten , Aksara Jawa serta Bregodo. Para pemateri selain dari Kraton juga dari para pemandu wisata HPI Kota Yogyakarta  yang sudah berpengalaman, selama tiga hari peserta aktif mengikuti dan bertanya sehingga jalannya pelatihan sangat hidup.

Di hari ke 4 atau hari terakhir  diadakan praktek lapangan dan menuju destinasi budaya yang berada di Bantul dan Kotagede,Di Bantul kunjungan dilakukan di salah satu museum yaiu museum Wayang Beber Sekartaji, sedangkan di Kotagede selain paparan kampung wisata Purbayan Kotagede peserta juga mendapatkan penjelasan arsitektur rumah Kalang.

Setelah santap siang semua peserta kemabli ke hotel dan rangkaian acara pelatihan pemandu wisata budaya berakhir, sebelum pulang peserta dibagikan sertifikat.

Ismunandar

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved