<


DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

DPC HPI KOTA YOGYAKARTA

dpchpi.kotajogja@gmail.com | +62274 450 981 | Gedung Umar Kayam Komplex XT SQUARE Jl. Veteran 151 - 152 Umbulharjo Yogyakarta



Upacara Giri Kerthi di Gunung Merapi, Yogyakarta

Pemimpin Manggala Upacara Giri Kerthi yang disebut Pandita sedang menghantarkan puja dan mantra

Giri Kherti di Gunung Merapi

Berita HPI Jogja - Pelaksanaan Giri Kerthi sebagai bhakti kita kepada Tuhan, dalam wujud Gunung dan Hutan atau bukit, yang memberikan berbagai hal untuk kesejahteraan kita. Kegiatan Giri Kerthi di Gunung Merapi ini memberi pemahaman bahwa kita perlu mejaga kelestarian alam sebagai bagian dari hubungan yang harmonis antara alam, antara manusia dengan sesama manusia, dan antara manusia dengan Tuhan sebagai penguasa segala sesuatu (Tri Hita Karana).

Giri kerthi yang menyambut tahun baru caka 1942 dilakukan oleh Umat Hindu DIY ini didahului oleh prosesi kirab sesaji seperti tumpeng abang, tumpeng sewu lengkap dengan lauk pauknya, bubur merah putih lengkap, segehan dengan gecoknya, sesaji buah-buahan dan kue/jajan pasar lengkap, rokok klobot dengan kinangan lengkap,  sesaji teh kopi pahit, rujak, kembang setaman dan lain sebagainya yang masing-masing ditempatkan dalam tampah. Kemudian sesaji tersebut masing-masing diusung oleh ibu-ibu,  diiringi Pasukan Bregodo dan diikuti iring-iringan umat Hindu sejauh sekitar 1 Kilometer  mulai dari lokasi parkir Tlogo Putri sampai dengan lokasi acara, yaitu Taman Wisata Kaliurang

Prosesi Giri Kerthi dimulai dengan sambutan laporan ketua panitia Bapak Marnaka.S.Ag, selanjutnya sambutan dari ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta ( PHDI DIY) Bapak I Nyoman Warta.M.Hum. Selanjutnya Giri Kerthi secara simbolis dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Ibu Dra. Muslimatun.M.Kes dan sekaligus diberi kehormatan untuk melakukan penanaman pohon sebagai wujud pelestarian alam dan menghormati alam. Dalam sambutannya Ibu Wakil Bupati menekankan tentang indahnya menjaga kebersamaan dan cinta kasih antar sesama serta berharap upacara Giri Kerthi harus dilestarikan untuk memperkuat keberagaman budaya di Indonesia.

Dalam prosesi Giri Kerthi selanjutnya dipimpin oleh Manggala Upacara disebut Bapak Pandita. Pandita mempersembahkan sesajian yang disiapkan oleh umat dengan puja dan mantra. Sedangkan barisan orang yang duduk dibelakang Pandita adalah disebut Wasi. Disana juga ada beberapa orang yang bertugas dalam menyiapkan sesajian yang disebut Serati Banten. Dalam rangkaian proses Giri Kerthi ini ada tarian sakral yang disebut tarian Rejang Dewa. Tarian sakral yang menyambut para Dewa datang sekaligus mengantarkan persembahan. Setelah tarian sakral selesai kemudian dilanjutkan dengan tarian topeng Sida Karya yang mengisahkan tentang Brahmana Keling yang menyelesaikan sebuah upacara besar lewat perannya sebagai Brahmana. Selanjutnya prosesi Giri Kerthi diakhir dengan sembahyang kemudian memohon tirta suci.

Sumber wawancara: Panitia Giri Kerthi Merapi Bapak Galung

Reporter

Adi Susanto - Anggota DPC HPI Kota Jogja

Copyright © IDEDEV.ID. 2015 All right reserved